Sejarah Ali Alaidin Mughayat Syah



Ali Alaidin Mughayat Syah merupakan pendiri Sultan pertama Kesultanan Aceh. Ali Alaidin telah bertahkta dari tahun 1514 hinga meninggal pada tahun 1530. Pada tahun 1520, Ali Aladin Mughayat Syah memulai kampanye militer guna menguasai bagian utara Sumatra. Dalam kampanye pertama Ali Aladin Mughayat Syah yaitu Daya di sebelah barat laut.

Selanjutnya pasukan Ali Alaidin Mughayat Syah melebarkan sayap hingga menuju pantai timur yang terkenal dengan penghasilan emas dan rempah-rempahnya. Agar dapat memperkuat perekonomian rakyat dan juga kekuata militer laut, maka Ali Alaidin Mughayat Syah telah mendirikan banyak pelabuhan.

Penyerangan Ali Alaidin Mughayat Syah menuju Deli dan Aru merupakan perluasan terakhir yang dilakukan oleh Ali Alaidin Mughayat Syah. Di Deli yang meliputi Pedir dan Pasai, pasukan dari Ali Alaidin Mughayat Syah sanggup mengusir garnisun(korps pasukan ditempatkan di suatu benteng guna mempertahankan mealwan musuh) Portugis dari daerah tersebut.

Dalam penyerangan pada tahhun 1524 terhadap Aru, pasukan dari Ali Alaidin Mughayat Syah dikalahkan oleh pasukan armada Portugis. Aksi militer tersebut ternyata juga berdampak yang mengancam Johor. Usai meninggal pada tahun 1530, Ali Alaidin Mughayat Syah digantikan oleh putranya sendiri yang bernama Sultan Salahuddin.

Ada beberapa versi sejarah yang menjelaskan terbentuknya kerajaan aceh. Menurut hikayat Aceh dari buku Aceh sepanjang Abad yang menjelaskan Aceh Darussalam merupakan persatuan dari dua kerajaan, masing-masing dipimpin Sultan Muzaffar Syah dari pidie dan Raja Inayat Syah dari Aceh Besar.

Sultan Muzaffar Syah dan Raja Inayat Syah merupakan 2 bersaudara yang kemudian terjadi perpecahan di antara keduanya yang menyebabkan terjadinya peperangan, dimana dimenangkan oleh pasukan Muzaffar Syah dan pada akhirnya menyatukan Pitie dengan Aceh Besar. Dengan demikian Sultan Muazzafar Syah memberi nama dengan Aceh Darussalam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Ali Alaidin Mughayat Syah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel