Wisata Pulau Rubiah Di Sabang



Pulau Rubiah merupakan salah satu wisata di Provinsi Aceh. Pulau ini berada di kawasaan Pulau Weh bagian dari wilayah kota Sabang. Pulau Rubiah dikenal degnan keindahan bawah latu yang sangat memesona dan alami. Pulau Rubiah memiliki air laut yang birunya nampak jernih dengan pasir putihnya yang lembut. Pulau Rubiah diapit oleh pantai Teupin Layeu dan juga Pantai Iboih.

Di Pulau Rubiah banyak hal yang bisa dilakukan baik itu snorkling dan berenang di Taman laut Rubiah Sabang serta berkeliling di Pulau Rubiah melihat bangunan tua bekas asrama haji tahun 1920an. Terdapat pulal 44 keramat dari beberapa orang yang dituakan salah satunya Makam Nyak Rubiah.


Asal Usul Pulau Rubiah

Pulau Rubiah dinamakan dengan Rubiah diambil dari nama seorang wanita yang bernama Cut Nyak rubiah yang mana makam Cut Nyak Rubiah ada di pulau Rubiah. Berbagai kisah mengenai Nyak Rubiah salah satu di antaranya yaitu nama seorang wanita dari calon jemaah haji yang meninggal pada saat kapal yang akan menuju tanah suci Mekkah mengalami karam. Sejarah mencata bahwa Pulau Rubiah dulunya memang pernah dijadikan tempat karantina untuk calon jamaah haji.


Akses Ke Pulau Rubiah

Adapun akses menuju Pulau Rubiah yaitu dimana wisatawan memulai perjalanan dari Kota Banda Aceh menuju pelabuhan Ulee Lheue dimana untuk menuju pelabuhan memakan waktu sekitar 45 menit. Selanjutnya dari Pelabuhan, Wisatawan melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Balohan di Pulau Weh yang memanfaatkan kapal Ferry.

Setelah itu, setibanya di Pulau Weh, wisatawan menyewa kendaraan atau pun memanfaatkan mini bus yang tarifnya sekitara Rp. 50.000 menuju ke Pantai Iboi. Tiba di sana, Wisatawan menyewa perahu menuju Pulau rubiah yang memakan waktu sekitar 15 menit. Adapun untuk tarip perahu yang dapat menampung sekitar 15 orang, berkisar 200 ribu hingga 750 ribu.


Taman Laut Rubiah

Taman Laut Rubiah tidak diragukan lagi keindahannya yang memiliki berbagai macam spesies biota laut yang dapat wisatawan temui baik itu terumbu karang dan jenis ikan. Ada  14 spesies biota laut yang yang dilindungi. Para wisatawan banyak hal yang dapat dilakukan untuk bisa bercengkrama dengan biota laut baik itu dengan berenang dan snorkling.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Pulau Rubiah Di Sabang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel