Wisata Museum Tsunami Aceh


Museum Tsunami merupakan tempat wisata yang berada di Aceh. Museum Tsunami menjadi tempat untuk mengenang peristiwa yang terjadi di tahun 2004 silam saat Aceh mengalami bencana Tsunami yang menewaskan ribuan orang tewas dan juga hilang, bangunan-bangunan hancur baik itu sekolah, rumah dan fasilitas umum lainnya.

Museum Tsunami terletak di jalan Sultan Iskandar Muda No. 03 di Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh. Di Museum Tsunami, wisatawan akan menemui Lorong Tsunami, Sumur Doa, Ruang Kenangan, Lorong Cerobong, dan juga Jembatan Harapan.

Lorong Tsunami

di sini wisatawan dapat mendengar suara gemuruh air bahkan kucuran air yang mengingatkan mengenai datangnya Tsunami saat itu. Lorong Tsunami disebut juga dengan "Space of Fear" yang menggambarkan ketakutan masyarakat Aceh saat Tsunami datang.

Ruang Kenangan

Ruang yang penuh dengan memori yang terdapat 26 monitor yang menjadi lambang Tsunami yang terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004. Setiap monitor yang ada menampilkan baik itu foto dan gambar orang yang telah menjadi korban dari bencana tsunami Aceh.

Lorong Cerobong

lorong yang didesain dengan lantai yang berkelok dan tidak rata yang menggambarkan ketakutan, kebingungan dan bahkan keputusasaan yang dialami Masyarakat Aceh usai Tsunami melanda. Ruangan Lorong Cerobong juga didominasi lorong gelap yang nantinya membawa wisatawan menuju cahaya alami yang mempunyai filosofi berupa harapan.

Sumur Doa

Sumur Doa memiliki tinggi 30 meter dan terdapat 2 ribu lebih nama yang telah menjadi korban dari keganasan Tsunami. Nama itu tertulis di setiap dinding sumur doa. Filosofi Sumur Doa menggambarkan kuburan masal usai terjadi Tsunami.

Jembatan Harapan

Di tempat ini wisatawan dapat melihat 54 bendera dari 54 negara yang bersosialisasi membantu masyarakat Aceh saat terkena musibah Tsunami. Setiap bendera terdapat tulisan dengan kata "Damai" berdasarkan bahasa masing-masing negara.

Damai tersebut melambangkan perdamaian dari Aceh dari berbagai macam konflik yang terjadi sebelum Tsunami menerjang. Mereka turut serta di dalam membangun kembali Aceh usai bencana Tsunami yang terjadi.

So, buat kalian para wisatawan jangan lupa untuk memasukkan list liburan ke kalian “Museum Tsunami Aceh” yang memberikan banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kalian dapatkan. Semoga artikel dapat membantu kalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wisata Museum Tsunami Aceh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel