Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan




Sulawesi Selatan memiliki berbagai macam alam musik tradisional yang terbuat baik itu dari bahan kayu, anyaman daun kelapa, logam dan banyak lainnya. Alat musik tradisional Sulawesi Selatan antara lain Gendang Bulo, Tolindo, Alosu, Keso-keso, Ana Becing, Puwi-puwi, Basi-basi, Jalappa dan Suling lembang.

Alat Musik Gendang Bulo

Alat Musiik Gendang Bulo memiliki bentuk seperti gendang namun berukuran agak kecil dan panjang. Gendang Bulo dipakai pada saat acara tertentu seprti acara adat atau pun acara pernikahan. Gendang Bulo mempunyai ukuran berbeda dimana sisinya berukuran lebih besar dibagian yang dipukul dan sebagai pemukul gendang biasanya memakai batang kayu atau stik drum. Sementara di bagian kiri dipukul menggunakan telapak tangan.

Alat Musik Tolindo/Popondi

Tolindo/Popondi alat musik tradisional ini dipakai dalam berbagai kegiatan acara adat. Sebutan Tolindo dikenal di daerah Bugis sementaa untuk sebutan Pondi di daerah Makassar. Alat Musik tradisional Tolindo/Popondi terbuat dari kayu, tempurung kelapa dan senar dengan dimainkan dengan cara dipetik. Tolindo/Popondi termasuk jenis sitar berdawai satu dan biasanya dimainkan pada saat musim panen tiba.

Alat Musik Keso-Keso

Alat Musik Keso-Keso merupakan alat musik ini dinamakan Keso-Keso karena dilakukan dengan cara digesek-gesek dan bahkan beberapa orang menyebut dengan sebutan Kere-Kere Galang. Di bagian resonator dibuat dengan kayu nangka yang dibentuk mirip jantung pisang dengan rongga di bagian tengahnya. Untuk tali busur bahannya memakai rambut dari ekor kuda. Bunyi yang dikeluarkan berasal dari gesekan antara senar keso dengan rambut ekor kuda yang terdapat pada busur.

Alat Musik Alosu

Alat music tradisional Alosu terbuat dari anyaman daun kelapa, bentuknya kotak kecil disusun rapih. Bagian dalamnya terdapat biji, jika digoyangkan mengeluarkan suara.

Alat Musik Ana Becing

Alat musik tradisional Ana Becing dibuat dari logam dimanfaatkan dengan cara dipukul. Bentuknya mirip sepasang dayung. Alat musik Ana Becing lumayan terkenal, terlebih alat ini digunakan pada saat acara karnaval atau pun upacara adat.

Alat Musik Tradisional Puwi-Puwi

Alat musik Puwi-Puwi alat musik ini dimainkan dengan ditiup. Alat musik ini merupakan alat musik berupa terompet khas Sulawesi Selatan.

Alat musik Sulling Lembang

Alat music tradisional Suling Lembang berasal dari Toraja. Suling Lembang berkururan 40 hingga 100 cm. Suling lembung memiliki 6 lubang nada sering digunakan untuk lagu Toraja terutama ketika acara duka. Suling lembang ditiup pada bagian atas bentuknya seperti cincin.

Alat Musik Tradisional Basi-Basi

Alat Musik Basi-Basi/Klarinet Untuk alat musik digunakan dengan cara ditiup. Di masyarakat Bugis alat musik ini disebut Basi-Basi sementara di Makassar menyebut dengan Klarinet.

Alat Musik Tradisional Jalappa/Kancing-Kancing

Alat Musik Jalappa/ Kancing-Kancing : Alat Musik Jalappa memiliki bentuk seperti simbal yang terbuat dari logam kuningan digunakan ketika upacara adat tertentu saja. Jalappa digunakan upacara adat tolak bala dan diyakini menjadi bagian dari peralatan dukun di daerah tertentu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel