Angklung Alat Musik Tradisional Asal Jawa Barat

Angklung Alat Musik Tradisional Asal Jawa Barat - Di Indonesia terdapat sebuah alat musik yang hampir semua orang tahu yakni Angklung. Bagi masyarakat di Jawa Barat alat musik satu ini sangat terkenal karena alat musik Angklung ini berasal dari Jawa Barat.

Angklung Alat Musik Tradisional Asal Jawa Barat

Angklung sendiri berasal dari bahasa Sunda yakni angkleung - angkleung yang atinya diapung - apung. Alat musik satu ini dinamakan angklung karena mengeluarkan suara yang berbunyi klung.

Sejarah Angklung

Angklung pertama kali hadir pada masa kerajaan Sunda di Nusantara yakni sekitar abad ke 12 hingga abad ke 16. Alat musik ini erat kaitannya dengan Nyai Sri Pohaci yang meupakan Dewi KWsyburan yang diyakini oleh masyarakat kerajaan Sunda tersebut.

Nyai Sri pohaci senang dengan aluanan suara yang dihasilkan dai alat musik Angklung. KArenanya maka Keajaan Sunda ini senang sekali memainkan alat musik angklung supaya Sang Dewi Kesuburan yakni Nyai Sri Pohaci turun dan menjadikan tanah yang dimiliki oleh masyarakat menjadi tanah yang subur meski dianamai segala jenis tumbuhan.

Alunan musik yang keua dari alat musik ini tidak ahnay dijadikan alat untuk mengundang Nyai Sri Pohaci yang merupakan Dewi Kesuburan menurut mereka akan tetapi alat musik ini juga dijadikan penyemangat untuk para prajurit yang akan berangkat berperang.

Cara Memainkan Angklung

Angkung ini akan mengeluarkan bunyi atau suara saat kita goyangkan. CAa memainkan alat musik ini yakni dengan meletakan tangan kiri diatas sisi kiri angkung dan tangan kanan memegang bagian bawah pada sisi kanan angklung.

Kemudian kita goyangkan angklung tersebut sehingga membuat antar dua tabung bambu yang sudah tersusun pada angklung akan saling berbenturan dan akan menghasilkan bunyi.

Satu angklung akan menghasilkan satu nada karenannya dalam satu kali pertunjukan akan menggunakan lebih dari satu buah angklung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Angklung Alat Musik Tradisional Asal Jawa Barat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel