Makna, Arti dan Lirik Lagu Daerah Kabile-Bile

Makna Lagu Daerah Kabile-Bile
Pakaian Ada Sumatera Selatan [Gambar : youtube.com]
Makna Lagu Daerah Kabile-Bile - Setelah sebelumnya kita membahas Lagu Pempek Lenjer yang merupakan lagu daerah yang berasal dari Sumatera Selatan, kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Lagu Kabile-bile yang juga dari Sumatera Selatan.

Lagu Kabile-bile ini mengisahkan tentang seseorang yang kesepian karena tidak memiliki teman atau kawan (Kance). Dalam bait-baitnya, lagu Kabile-bile menceritakan bahwa kebaikan seseorang berpengaruh terhadap seseorang, memiliki atau tidaknya seorang kawan.

Menurut informasi yang didapat lagu Kabile-bile diciptakan oleh A Korie Alie. Lirik lagu ini sendiri menceritakan bahwa harapan itu tidak akan musnah, selama orang yang ingin memiliki kawan terus memperbaiki dirinya. Penantian itu akan berakhir karena suatu saat akan mendapat seorang kawan.

Dan makan yang terkandung dalam lagu ini ialah jika seseorang berguna, maka ia akan mudah mendapat kawan. Itu juga yang dikisahkan dalam lagu Kabile-bile. Kabile nian mampat begune (kapan aku berguna?) Ketika seseorang berguna untuk orang sekitarnya, tentu kawan yang dicari itu akan datang.

Baca Juga >>>


Dan berikut ini merupakan Lirik Lagu Kabile-Bile :

Kabile-bile
Oleh A Korie Alie

Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance

Kabile nian jagungkan mute
Pute dek pute kuhendam kinak
Kabile nian agungkan nule
Nule dek nule kudendam kinak

Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance

Kabile nian mampat begune
Mangke dek payah ku nandang lagi
Kabile nian sifat begune
Mangke dek payah ku midang lagi

Oh, malang nian nasib mbak ini
Bilangan jeme lah laut gale
Alahkah sedih ai tumbak ini
Aku mbak ini dide bekance

Arti lagu Kabile-bile dalam bahasa Indonesia

Kapan aku puas
Kapan aku mempunyai kawan
Kapan aku puas
Kapan aku mempunyai kawan

Kapan jagung akan matang
Matang tidak matang akan kutunggu
Kapan ibu akan pulang
Pulang tidak pulang tetap kunanti

Kapan aku puas
Kapan aku mempunyai kawan
Kapan aku puas
Kapan aku mempunyai kawan

Kapan aku berguna
Biar tidak capek aku main lagi
Kapan aku sifat berguna
Biar tidak capek aku jalan lagi

Oh, malangnya nasibku
Semua orang sudah pergi
Sedihnya aku
Aku tak mempunyai kawan

[Sumber : MerahPutih.Com]

Sekian postingan dari KLD, semoga postingan "Makna Lagu Daerah Kabile-bile" ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan sungkan mengirimkan komentar baik kritik maupun saran kepada redaksi kami. Terima kasih dan sampai jumpa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makna, Arti dan Lirik Lagu Daerah Kabile-Bile"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel