Makna, Arti dan Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul

Makna, Arti dan Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul - Gundul Gundul Pacul merupakan lagu daerah berbahasa jawa yang berasal dari Jawa Tengah. Dari beberapa sumber menyebutkan lagu Gundul Gundul Pacul diciptakan oleh Sunan Kalijaga pada tahun 1400an dan aja juga yang menyebutkan ciptaan R.C. Hardjosubroto.

Makna Lagu Gundul Gundul Pacul

Lagu ini dianggap sendiri mengandung nilai filosofis yang dalam, mari kita simak makna pada tiap liriknya sebagai berikut :

Gundul gundul pacul, gembelengan

Gundul disini berarti seorang yang berkepala plontos atau tanpa rambut. Kepala merupakan lambang kehormatan dan kemuliaan dari seseorang, dan sementara rambut merupakan mahkota yang merupakan lambang dari keindahan kepala. Maka itu, gundul merupakan kehormatan tanpa mahkota.

Pacul atau cangkul, merupakan alat pertanian yang terbuat dari lempengan besi segi empat, yang merupakan lambang dari rakyat kecil yang kebanyakan ialah petani. Dan orang-orang di Jawa mengatakan bahwa pacul merupakan papat kang ucul (empat yang lepas), pengertiannya kemuliaan seseorang itu sangat tergantung kepada 4 (empat) hal, yakni cara orang tersebut menggunakan mata, hidung, telinga, dan mulutnya. Jika dari ke-empat hal itu lepas, kehormatan orang tersebut juga akan lepas.

Berikut penjelasan ke empat hal tersebut :

  • Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat.
  • Telinga digunakan untuk mendengar nasihat.
  • Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan.
  • Mulut digunakan untuk berkata-kata yang adil.

Gembelengan yang berarti "besar kepala, sombong, dan suka bermain-main" dalam menggunakan kehormatannya.
Dengan demikian, makna dari kalimat ini ialah bahwa seorang pemimpin itu sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota, namun merupakan seorang pembawa pacul untuk mencangkul (mengupayakan kesejahteraan untuk rakyatnya). Namun, orang yang sudah kehilangan 4 (empat) indera tersebut makan akan berubah sikapnya menjadi congkak (gembelengan).

Nyungi nyunggi wakul kul, gembelengan

Nyunggi wakul' (membawa bakul di atas kepala) yang dilambangkan sebagai menjunjung amanah rakyat. Akan tetapi, saat membawa bakul, sikapnya sombong hati (gembelengan)

Wakul ngglimpang segane dadi sak latar

Wakul ngglimpang (bakul terguling) yang melambangkan suatu amanah dari rakyat terjatuh, akibat dari sikap sombong saat membawa amanah tersebut.

Segane dadi sak latar (nasinya jadi sehalaman) melambangkan hasil yang diperoleh menjadi berantakan dan sia-sia, tidak bisa dimakan lagi (tidak bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat).

Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul

Berikut ini Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul :

Gundul Gundul Pacul

Gundhul gundhul pacul cul, gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul, gembelengan
Wakul ngglimpang segané dadi sak latar
Wakul ngglimpang segané dadi sak latar

Arti Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul dalam bahasa Indonesia

Gundul gundul cangkul, tidak hati hati
Membawa bakul (di atas kepala) dengan tidak hati hati
Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman
Bakul terguling, nasinya tumpah sehalaman

Sekian postingan dari KLD, semoga postingan "Makna, Arti dan Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul" ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan sungkan mengirimkan komentar baik kritik maupun saran kepada redaksi kami. Terima kasih dan sampai jumpa.

Baca Juga >>>

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makna, Arti dan Lirik Lagu Gundul Gundul Pacul"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel