Lirik Lagu Jamuran Beserta Penjelasan Singkatnya

lirik lagu jamuran dari jawa
Lirik Lagu Jamuran Beserta Penjelasan Singkatnya - Jamuran ialah sebuah permainan anak-anak (dolanan) yang juga merupakan sebuah lagu yag berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak pada zaman dahulu. Lagu ini umumnya dinyanyikan dengan diringi gerakan-gerakan yang sederhana. Lagu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Jawa karena termasuk lagu dalam permainan anak-anak (dolanan).

Permainan ini umumnya dimainkan oleh 4 sampai 12 anak dengan kisaran umur antara 6 sampai 13 tahun. Permainan ini terkadang terpisah antara laki-laki dan perempuan namun kadang mereka bercampur. Permainan ini dilakukan saat sore dan malam hari saat bulan purnama. Permainan ini hanya membutuhkan tanah lapang yang luas tanpa peralatan apapun hanya membutuhkan tanah lapang yang luas.

Cara bermainnya sangat mudah, conttohnya ada 10 irang anak yang akan bermain ( A B C D E F G H I J) lalu diundi dengan cara suit, hasil dari suit tadi yang kalah akan jadi. Contohnya yang kalah ialah F maka yang F akan jadi dan yang lain akan mmbetuk barisan melingkar lalu F berada ditengah lingkaran. Permainan dimulai dengan melakukan gerakan melingkar menegelilingi F yang di lakukan semua pemain dengan diiringi dengan lagu jamuran. Setelah lagu usai dengan lrik terahir yakni Jamuran Semprit Jamur Apa? maka F akan menjawab pertanyaan dari teman-temannya yang memutari dirinya tadi. Contohnya F menjawab Jamur Kethek Nenek kemudia semua teman F yang berkeliling tadi harus menirukan Kethek Nenek dan siapa yang tidak bisa menirukan maka secara langsunng anak tersebut akan jadi dan begitu terus sampai anak-anak selesai.

Begitulah sekilas tentang permainan jamuran yang anak-anak jaman dahulu mainkan. Sekarang sudah sangat jarang bahkan tidak ada kagi ank-anak yang bermain seperti itu, sudah kalah dnegan video game dan lainnya. Padahal permainan seperti itu lebih bermanfaat bagi anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan dan banyak pelajaran yang dapat diambil saat anak-anak bermain diluar, dengan alam. Banyak pesan yang tersirat dalam lagu dolanan yang satu ini, terdapat banyak nasehat di dalamnya yang mampu mempengaruhi dalam pembentukan karakterpada anak.

Lagu dolanan Jawa terdiri dari dua unsur yang sangat penting yakni nada atau lagu dan syair atau kata. Lagu dolanan dari Jawa dapat ita sebut sebagai puisi yang dilagukan. Jika dlihat dari kata atau syairnya maka kata paa teks puisi tersebut banyak menagndung nilai-nilai pendidikan dan nasehat yang bertujuan sebagai ajaran untuk mengatur tngkah laku, kebiasaan, perbuatan yang dianggap baik atau buruk oleh masyarakat. Biasanya arti darilirik lagu dolanan tidak bisa langsung diartikan atau dimengerti oleh para penyanyi atau pendengarnya seperti lagu jamuran ini. Dan ternyata setiap lirik dari lagu jamran memiliki arti.

Berikut ini Lirik Lagu Jamuran

Jamuran
Ki Hadi Sukatno

Jamuran ya ge ge thok 
Jamur apa ya ge ge thok 
Jamur gajih mbejijih sa ara-ara 
Semprat-semprit jamur opo 

Artinya

jamurannya ya dibuat pura-pura
jamur apa ya dibuat pura-pura
jamur gajih mengotori seluruh lapangan
melesat cepat jamur apa

Pada baris pertama denga lirik Jamuran ya ge ge thok bila kita lihat dari artinya alam bahasa Indonesia ialah Jamurnya ya di buat pura-pura. Ini disesuaikan dengan permainannya bahwa gaya seperti jamur pada permainan ini hanya pura-pura. Sambil bergaya seperti jamur anak-anak akan berfikir jamur apa yang akan di praktekan atau yang akan dibuat pura-pura. Jamur gajih mengotori seluruh lapangan artinya jika dijelaskan, bahwa jika kita memilih jamur gajih maka akan mengotori seluruh lapangan namun kta-kata itu hanya sebuah kiasan dan tidak akan terjadi pada kenyataan. Pada baris keempat diajukan sebagai pertanyaan denga syair Semprat semprit jamur apa?ialah pertanyaan yang diajukan oleh pemain yang mengelilingi pemain yang jadi dan ditujukan pada pemain yang jadi itu. Bila kita artikan dalam bahasa Indonesia maka artinya Melesat Jamu apa.

Arti dari setiap syair di sesuaikan dengan permainannya karena ini hanya lagu untuk mengiringi permainnan anak-anak. Karena artinya yang sangat denotatif karena maknanya yang jelas-jelas hanya untu mainan anak-anak. Ada beberapa sumber yang mengesensikan bahwa dalam lagu dolanan jawa dan permainannya mengajarkan pada anak-anak bahwa hidup di dunia terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi, itu berarti semua yang mempunyai aturan harus mematuhi peraturan dan dalam mematuhinya harus bersama-sama dan itu artinya semuanya harus mmatuhi aturan yang telah ditetapkan.

Sekian postingan dari KLD, semoga postingan "Lirik Lagu Jamuran Beserta Penjelasan Singkatnya" ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jangan sungkan mengirimkan komentar baik kritik maupun saran kepada redaksi kami. Terima kasih dan sampai jumpa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lirik Lagu Jamuran Beserta Penjelasan Singkatnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel