Lirik Lagu cublak cublak suweng

Permainan Cublak Suweng via youtube.com
Lagu cublak cublak suweng merupakan lagu daerah yang berasal dari Jawa Timur. Lagu ini sendiri diciptakan oleh Sunan Giri, yang memiliki pesan moral sangat berharga yang terkandung pada tiap barisnya. Berikut ini merupakan makna dari lagu cublak cublak suweng:

  • Cublak Suweng : tempat Suweng. Suweng disini merupakan anting perhiasan wanita Jawa. Jadi, Cublak-cublak suweng itu artinya ialah tempat harta berharga, yaitu Suweng (Suwung, Sepi, Sejati) atau Harta Sejati.
  • Suwenge Teng Gelenter : suweng berserakan. Yang artinya Harta Sejati itu berupa kebahagiaan sejati sebenarnya sudah ada berserakan di sekitar manusia.
  • Mambu (baunya) Ketundhung (dituju) Gudel (anak Kerbau). yang bermakna, banyak orang yang berusaha mencari harta sejati itu. Dan bahkan orang-orang bodoh (diibaratkan Gudel) mencari harta itu dengan penuh nafsu ego, korupsi dan keserakahan, yang tujuannya untuk menemukan kebahagiaan sejati.
  • Pak empo (bapak ompong) Lera-lere (menengok kanan kiri). Yang artinya orang-orang bodoh tersebut mirip orang tua ompong yang kebingungan. Dan meskipun hartanya melimpah, ternyata itu harta palsu, bukanlah Harta Sejati atau kebahagiaan sejati. Mereka kebingungan karena dikuasai oleh hawa nafsu keserakahannya sendiri.
  • Sopo ngguyu (siapa tertawa) Ndhelikake (dia yg menyembunyikan). Yang menggambarkan bahwa barang siapa bijaksana, dialah yang akan menemukan Tempat Harta Sejati atau kebahagian sejati tersebut. Dia adalah orang yang tersenyum-sumeleh dalam menjalani setiap keadaan hidup, sekalipun berada di tengah-tengah kehidupan orang-orang yang serakah.
  • Sir (hati nurani) pong dele kopong (kedelai kosong tanpa isi). Yang artinya di dalam hati nurani yang kosong. Maknanya bahwa untuk sampai kepada Tempat Harta Sejati (Cublak Suweng) atau kebahagiaan sejati, orang harus melepaskan diri dari kecintaan pada harta benda duniawi, mengosongkan diri, rendah hati, tidak merendahkan sesama, serta senantiasa memakai rasa dan mengasah tajam Sir-nya hati nuraninya.

Adapun pesan Moral yang terkandung ialah untuk mencari harta janganlah kita menuruti hawa nafsu tetapi semuanya kembali ke hati nurani yang bersih. Dan tidaklah dipengaruhi hawa nafsu. Dengan hati nurani akan lebih mudah menemukannya, tidak tersesat jalan hingga lupa akan akhirat.
Baca Juga : Lirik Lagu Tokoceng
Berikut lirik Lagu Cublak Cublak Suweng :

Cublak cublak suweng
Pencipta : Sunan Giri


Cublak cublak suweng
Suwenge teng gelenter
Mambu ketundhung gudèl
Tak gento lela lelo
Sapa ngguyu ndele' ake

Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong

Terjemahan Lagu Cublak cublak suweng

Tempat Suweng
Suweng-nya berserakan
Baunya dituju anak Kerbau
Bapak ompong menengok kanan kiri
Siapa tertawa dia yg menyembunyikan

Hati nurani kedelai kosong tanpa isi
Hati nurani kedelai kosong tanpa isi
Hati nurani kedelai kosong tanpa isi
Hati nurani kedelai kosong tanpa isi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lirik Lagu cublak cublak suweng"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel